CONNECT WITH US

Sistem Penilaian Festival Film Indonesia 2015

Mengusung misi mengembalikan nama baik, FFI 2015 menyadur sistem penilaian Piala Oscar.

@storibriti

Editor : Sandya Windhu Febryas

Storibriti.com - Festival Film Indonesia 2015 memasuki babak baru, ajang penghargaan tertua bagi dunia perfilman Indonesia ini akan mengadaptasi sistem penilaian Piala Oscar. Sistem penilaian tahun ini akan menghadirkan 5 juri konsultan dari Deloitte serta juri dari lifetime membership.

“Saya tidak mau membongkar yang lama dan membuat yang baru. Saya hanya menambahkan komponen lain untuk menjadikannya semakin baik” tutur Olga Lydia, ketua panitia FFI 2015.

Pemilihan juri dilakukan oleh panitia dengan kuota 85 juri berasal dari kalangan profesional, pekerja, penggiat dan pemerhati film Indonesia, kemudian 15 juri lagi dipilih dari kalangan budayawan, kritikus film dan juga wartawan. Dari 85 juri, panitia memberikan tempat untuk anggota lifetime membership.

“Yang terbaru dari sistem penilaian juri dengan 100 orang ini adalah adanya lifetime membership. Jadi juri yang mendapat hak untuk melakukan voting dari lifetime membership ini berasal dari yang masuk nominasi dan yang memperoleh penghargaan Piala Citra tahun lalu” jelas Olga Lydia.

Sistem penilaian dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama, para juri akan mencari nominasi untuk setiap kategori dengan sistem pemungutan suara daring (online voting). Jadi juri akan diberikan akun dan password untuk memasukan pilihannya, sehingga menghindari terjadinya hal-hal yang dapat mempengaruhi penilaian.


(swf)


WHAT DO YOU THINK