CONNECT WITH US

Bagaimana karakter Alya muncul di AADC 2 tanpa kehadiran Ladya Cheryl?

Ladya Cheryl tak tergantikan.

Ladya Cheryl (dok. Kapan Lagi)

Editor : Ade Irwansyah | Reporter : Firli Athiah

Storibriti.com - Seperti ada yang hilang di Ada Apa dengan Cinta? (AADC) 2. Sosok Alya yang diperankan Ladya Cheryl tak ikut bermain di sekuel film fenomenal tersebut. Alasannya, ia lebih memilih fokus dengan pendidikannya.

Dari awal muncul foto kebersamaan Geng Cinta di media sosial, penggemar AADC pertama langsung menanyakan keberadaan Alya. Mengapa ia tak ikut berfoto di situ. Padahal sebelum Mira Lesmana mengumumkan membuat sekuelnya, Ladya Cheryl masih ada di mini drama LINE yang sempat menghebohkan pada November 2014.

Penggemar penasaran, kemana Alya? Mengapa ia tak ada di AADC 2?

Atau pertanyaan lain, apakah Alya digantikan pemeran baru bernama Dimi Cindyastira di sekuel AADC?

Berita seputar AADC 2

Kalau sudah nonton filmnya, jawaban tentang Alya pastinya terjawab. Tak usah khawatir, karakter Alya masih terasa di sekuel garapan Riri Riza ini. Alya juga tetap ada di Geng Cinta.

Tak ada Alya di AADC 2, Karmen-lah yang kemudian menjadi orang paling dekat dengan Cinta ketimbang Maura dan Milly.

 

Produser sekaligus salah satu penulis skenario, Mira Lesmana mengaku sebetulnya sudah menyiapkan cerita tentang karakter Alya di AADC 2 ini. Tetapi, Ladya Cheryl justru memilih tak ikut bermain.

"Ketika awal kami mau melanjutkan film ini, kami berpikir Alya. Ketika saya hubungi dia, Alya memutuskan mau sekolah, jadi tidak bisa. Tapi kita tetap support, saya seneng dia melanjutkan sekolahnya. Yang jelas bagi kami, Alya tak tergantikan," ungkap Mira di The Hall Senayan City, Jakarta Selatan, Senin kemarin, 25 Aprl 2016.

Bagi Mira, keputusan Ladya tersebut awalnya terasa berat. Bukan cuma penggemar AADC yang merasa kehilangan, namun juga buat pemain dan kru. Mira bersama Prima Rusdi dan juga Riri Riza kemudian memikirkan bagaimana tetap menampilkan Alya meskipun Ladya Cheryl tidak turut serta.

 

"Dalam sinopsis pertama, Alya ada dalam cerita, setelah draft pertama setebal 43 halaman jadi kami dengar Alya tidak bisa ikut main. Dan kemudian mengalir aja cerita rasanya kehilangan seorang Alya. Akhirnya itu pilihannya dan saya menulisnya dengan mengalir saja," ujar Mira.

Memang benar karakter Alya tak tergantikan. Pendatang baru Dimi Cindyastira hadir di AADC 2 bukan untuk menggantikan tokoh lemah lembut di Geng Cinta tersebut. Tak adanya peran pengganti justru demi tetap menjaga chemistry di Geng Cinta.

"Justru akan sulit buat geng cinta, ada satu orang yang bukan dari masa lalu. Sempet nanya sama pemain, ya memang ada sedikit perdebatan. Menurut saya, itu menjadi segala halnya emosional," tutur Mira.

Lalu bagaimana dengan Geng Cinta sendiri? Milly, Karmen, Maura, dan Cinta hanya tinggal berempat. Di sekuel AADC 2, mereka kehilangan Alya yang selama ini selalu menjadi sosok paling sabar di antara mereka.

 

Kata Adinia Wirasti, pemeran Karmen, selalu ada ruang buat Alya. Begitu juga di hati Titi Kamal, pemeran Maura yang menganggap Alya tak pernah tergantikannya. Ungkapan yang sama juga dilontarkan si pemeran Milly, Sissy Prescillia.

"Alya terus berada di antara kita, buktinya kalian terus nanyain soal Alya. Dia akan selalu ada," ucap Sissy.

Hal yang sama juga diungkapkan Cinta atau Dian Sastrowardoyo yang di film AADC pertama begitu dekat dengan Alya. Bagi Dian, ia mendukung keputusan Ladya Cheryl yang memilih fokus dengan pendidikannya.

Adegan film AADC 2.
© 2016 storibriti.com/Miles Films/istimewa

 

"Yang pasti kita merasa kehilangan, cuma untuk juga berlarut-larut sedih dan kehilangan juga enggak fair buat Ladya sebagai temen beneran. Kan di real life kita temenan. Kita juga menghargai keputusan dia buat sekolah lagi dan di umur segini dia mau jadi film maker. Sebagai temen kita juga mendukung Ladya, mungkin jadi enggak lengkap," kata Dian.

"Jujur aja, bukan mengecilkan Ladya atau enggak, walaupun tanpa Alya kita tetep merasa lengkap," pungkasnya.

Ladya Cheryl sendiri sempat diketahui bermain film pendek berjudul Return To Sender. Film yang dibintanginya menjadi finalis kompetisi Film Pendek Festival Sinema Prancis pada 2015 lalu. Di situ, wajah Ladya tak banyak berubah. Ia masih terlihat ayu seperti kala bermain di AADC pertama.

Well, apa pun keputusan Ladya Cheryl, semoga sukses selalu ya!


(ai)


WHAT DO YOU THINK